Monday, April 4, 2011

Seri Pelajaran Ibadah Praktis Adab Orang Tua

·


ADAB KEDUA ORANG TUA  
Kedua orang tua adalah manusia yang paling berjasa dan utama bagi diri seseorang. Allah subhanahu wata’ala telah memerintahkan dalam berbagai tempat di dalam al Qur’an agar berbakti kepada kedua orang tua. Allah menyebutkan berbarengan dengan pentauhidan-Nya dan memerintahkan para hamba-Nya untuk melaksanakan sebagaimana akan disebutkan sebagai berikut.
Hak kedua orang tua merupakan hak terbesar yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim. Disini akan dicantumkan beberapa adab yang berkaitan dengan masalah ini. Antara lain hak yang wajib dilakukan semasa kedua orang tua hidup dan setelah meninggal.
Di antara doa-doa untuk orang tua yang tercantum dalam Al Qur’an adalah sebagai berikut :
 “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah :

 “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” [QS. Al Israa’: 24]

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” [QS. Ibrahim : 41]
 
 “Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dan kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Karena berdoa dengan menggunakan bahasa Arab (Al Qur'an) lebih utama, maka seyogianya anda harus menghafalkannya. 


Diantara hak orang tua ketika masih hidup adalah :

1. Mentaati mereka selama tidak mendurhakai Allah
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman (yang artinya):

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya…[QS.Lukman : 15]
Adapun jika bukan dalam perkara yang mendurhakai Allah, wajib mentaati kedua orang tua selamanya dan ini termasuk perkara yang paling diwajibkan.

2. Berbakti teradap kedua orang tua
Dalam Surat Al Isra’ ayat 23-24, Firman-Nya :

“… Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. …
Di antara bakti terhadap kedua orang tua adalah menjauhkan ucapan dan perbuatan yang dapat menyakiti kedua orang tua, walaupun dengan isyarat atau dengan ucapan ‘ah’.
3. Merendahkan diri dihadapan mereka
Yakni  dengan cara mendahulukan segala urusan mereka, membentangkan dipan untuk mereka, mempersilahkan mereka duduk ditempat yang empuk, menyodorkan bantal, jangan mendahului makan dan minum, dan lain sebagainya.
4. Berbicara dengan lembut dihadapan mereka [QS.Al Israa’: 23]
Oleh karena itu, berbicaralah kepada mereka berdua dengan ucapan yang lemah lembut dan baik serta dengan perkataan yang bagus.
5.  Menyediakan makanan untuk mereka.
Menyediakan makanan juga termasuk bakti kepada kedua orang tua, terutama jika ia memberi mereka makan dari hasil jerih payah sendiri dan lebih mendahulukan mereka berdua daripada dirinya, anaknya, dan istrinya.
6.  Meminta izin kepada mereka sebelum berjihad dan pergi untuk urusan lainnya [HR.Al Bukhari No. 3004, 5972 dan Muslim No. 2549]
7.  Memberikan harta kepada orang tua menurut jumlah yang mereka inginkan  [HR.Ahmad  II/204,  Abu Dawud No. 3530, dan Ibnu Majah No. 2292]
Oleh sebab itu, hendaknya seseorang jangan bersikap bakhil (kikir) terhadap orang yang menyebabkan keberadaan dirinya, memeliharanya ketika kecil dan lemah, serta telah berbuat baik kepadanya.
8.   Membuat keduanya ridha dengan berbuat baik kepada orang-orang yang dicintai mereka, yaitu dengan memuliakan mereka, menyambung tali silaturrahim dengan mereka, menunaikan janji-janji (orang tua) kepada mereka.
9.  Memenuhi sumpah kedua orang tua.
Apabila kedua orang tua bersumpah kepada anaknya untuk suatu perkara tertentu yang didalamnya tidak terdapat perbuatan maksiat, maka wajib bagi seorang anak untuk memenuhi sumpah keduanya karena itu termasuk hak mereka.
10. Tidak mencela orang tua atau tidak menyebabkan mereka dicela orang lain  [HR.Al Bukhari No. 5973 dan Muslim No.90]
Perbuatan ini merupakan perbuatan dosa yang paling buruk. Orang-orang sering bergurau dan bercanda dengan melakukan yang sangat tercela ini. Perbuatan seperti ini termasuk dosa besar sebagaimana yang telah disebutkan.
11. Mendahulukan berbakti kepada ibu daripada ayah. Yakni lebih mendahulukan berbuat baik kepada ibu yaitu lebih bersikap lemah lembut, lebih berprilaku baik dan memberikan sikap yang lebih halus daripada ayah. Hal ini apabila keduanya berada di atas kebenaran. 

0 comments:

Blog Archive