Friday, April 8, 2011

Seri 3 Pelajaran Ibadah Praktis Shalat Sunnah Rawatib

·


Shalat Sunnah Rawatib
Shalat sunat rawatib adalah shalat sunat yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat fardhu. Yang termasuk shalat sunat rawatib adalah:

1. Qobliyah Dzuhur 2 rakaat, dengan satu kali salam.
2. Dan ba'diyah Dzuhur 2 rakaat, juga dengan satu kali salam.
3. Ba’diyah Magrib 2 rakaat, dengan satu kali salam.
4. Untuk ba'diyah isya cukup 2 rakaat dengan satu kali salam.
5. Qobliyah Subuh 2 rakaat, dengan satu kali salam.


Berdasarkan Hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a bahwa
Saya menghafal sepuluh rokaat dari Rosulullah: dua rokaat sebelum sholat zhuhur, dua rokaat setelah sholat zhuhur, dua rokaat setelah sholat maghrib di rumah beliau, dua rokaat setelah sholat isya’ di rumah beliau, dan dua rokaat sebelum subuh. Sebelum subuh ini adalah waktu di mana tidak seorang pun yang datang kepada Rosulullah SAW. Hafshah memberitahuku bahwa jika muazin mengumandangkan adzan dan fajar telah terbit, maka beliau sholat dua rokaat.


Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib
Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut.” [HR. Muslim no. 728].

0 comments:

Blog Archive