Monday, April 4, 2011

Seri Pelajaran Ibadah Praktis Buang Air

·


BUANG AIR PADA TEMPATNYA
Seri Materi Ibadah Praktis, fiqh dan pembahasannya. Mengedapankan sunnah dan mengingkari bid'ah. 
Islam agama sempurna, sehingga dalam urusan buang air besar atau buang air kecil pun ada aturan dan adabnya. Begitu pentingnya urusan ini dalam syariat Islam sehingga Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam kerap memperingatkan umatnya agar senantiasa berhati-hati dalam urusan ini.
Akhlak Islam melarang buang air di tempat terbuka, menghadap ke arah kiblat, atau membelakanginya.
Adalah seorang kafir  jahiliyah berkata kepada sahabat Salman Al-Farisiy. “Sungguh Nabi kalian  telah mengajari kalian tentang segala hal sampai tata cara buang air”. Ketika itu, sahabat Salman menjawab, “Betul.  Sungguh kami dilarang menghadap kiblat saat buang air besar atau kecil, (kami juga dilarang) cebok dengan menggunakan tangan kanan atau cebok kurang dari 3 batu, atau cebok dengan kotoran hewan, atau tulang”. [HR. Muslim]. Begitulah kekaguman seorang kafir kepada akhlak Islam yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad.
Berikut ini adalah adab yang diajarkan Rasulullah tentang tata cara buang air besar dan kecil.
  • Jangan menampakkan aurat kepada orang lain ketika buang air, usahakan mencari tempat yang tertutup. [H.R. Muslim]
  • Jangan buang air di lubang binatang, di jalan tempat orang lewat, di tempat berteduh, di sumber air, di tempat pemandian, di bawah pohon yang sedang berbuah, atau di air yang mengalir ke arah orang-orang yang sedang mandi atau mencuci." [H.R. Muslim, Tirmidzi]
  •      Abu Hurairah menceritakan, Rasulullah bersabda, " Janganlah kamu kencing di air tenang, di mana kamu mandi pula di situ." (H.R. Muslim)
  • Masuklah ke dalam jamban (WC/toilet) dengan mendahulukan kaki kiri, ke luar dengan mendahulukan kaki kanan. (H.R. Tirmidzi)
Doa yang dibaca ketika masuk WC/Toilet :
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ.
Dengan nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan perempuan”. [HR. Al-Bukhari: 1/45 dan Muslim: 1/283]
Do’a Keluar Dari W.C/Toilet :
غُفْرَانَكَ.
“Aku minta ampun kepada-Mu”. [HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad. Lihat Irwa’ul Ghalil 1/122]

1 comments:

Ibnu Mas'ud said...
April 04, 2011  

semoga ini bermanfaat bagi ummat islam

Blog Archive